Saturday, August 29, 2015

4 Kesenian Yang Menjadi Ciri Khas Betawi

Suku Betawi merupakan sebuah suku bangsa Indonesia yang penduduknya bertempat tinggal di Jakarta. Suku Betawi Terlahir dari percampuran antar suku dan bangsa yang di bawa Belanda ke Batavia pada masa lalu.

Betawi memang di kenal sangat kaya akan kesenian –kesenian yang menjadi ciri khas bagi budaya betawi. berikut adalah 4 kesenian yang menjadi ciri kebudaya betawi.

Gambang Kromong
Kesenian gambang kromong
sumber (tanyovita.blogspot.com)

Gambang kromong adalah sejenis orkes yang memadukan alat music gamelan dengan alat music dari tionghoa. Nama gambang kromong diambil dari nama dua buah alat perkusi yaitu gambang dan juga kromong. Terbentuknya orkes ini pada awalnya di pelopori oleh kapten cina yang bernama Nie Hoe Kong.
Lenong
Kesenian lenong
Sumber (wartajazz.com)

Lenong merupakan seni teater tradisional rakyat betawi. Pertunjukan lenong di bawakan dengan bahasa dan juga dialek betawi yang berasal dari Jakarta. Sekenario dalam pertunjukan lenong biasanya berisi pesan moral seperti membela yang lemah dan membenci ketamakan.
Ondel – Ondel
Kesenian ondel -ondel
sumber (ehwankurniawan.wordpress.com

Ondel –ondel merupakan pertunjukan rakyat betawi yang sering di tampilkan dalam acara pesta rakyat dan juga pesta perkawinan orang betawi. Boneka ondel –ondel merupakan perwujudan dari leluhur yang senantiasa melindungi anak dan cucu dan penduduk betawi. Boneka ini di buat dari anyaman bambu yang di buat sedemikian rupa agar mudah dipikul.
Tanjidor
Kesenian tanjidor
sumber (eddyhasby.com

Tanjidor merupakan  kesenian betawi yangb berbentuk orkes. Tanjidor mulai di kenalkan sejak abat ke – 19 oleh Mayor Jantje. Kesenian ini biasanya di adakan untuk mengantar pengantin dan juga pada acara pawai. Pada umumnya kesenian tanjidor di adakan di tempat yang luas dan dapat di hadiri oleh banyak orang.
Itulah 4 kesenian yang menjadi icon bagi suku betawi. Namun kesenian –kesenian yang menjadi akar budaya itu kini hampir hilang di makan waktu. untu itu kita sebagai generasi muda sudah sewajarnya menjaga dan melestarikan budaya kita Indonesia.
4 Kesenian Yang Menjadi Ciri Khas Betawi
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.

4 comments

Tulis comments
avatar
Anonymous
August 29, 2015 at 12:51 PM

yang paling sering ane liat Ondel – Ondel
nice post gan

Reply
avatar
August 29, 2015 at 1:42 PM

Iya gan seru liat ondel ondel dan yg paling penting kita harus menjaga kebudayaan gan

Reply