Saturday, September 5, 2015

Tari Saman, Dari Indonesia Yang Mendunia

webpramuwisata.blogspot.com
Tari saman dari Aceh
Tari Saman merupakan tarian yang berasal dari suku Gayo, Aceh. Tari Saman di laukan oleh remaja pria yang memakai baju adat. Tarian ini di lakukan saat upacara adat dab juga untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW. Tari saman di iringe dengan lagu yang memakai bahasa Gayo. Tarian ini juga telah terdaftar di UNESCO sebagai representative warisan budaya tak benda. Dan di setujui UNESCO pada 24 november 2011 yang lalu.
Tari saman mempunyai makna sebagai salah atu untuk menyampaikan dakwah. karena di dalam tarian saman mengandung arti pendidikan, keagamaan, kekompakan., dan sopan santun. Dalam tarian ini tidak di iringi dengan alat music, melainkan di iringe dengan sair yang di ucapkan penari sendiri. Suara dari penari akan di kombinasikan dengan tepuk tangan parapenari sehingga terciptanya keselarasan yang begitu indah.


Lagu yang dibawakan dalam tari aman pada umumnya terdiri dari 5 lagu yaitu Regum, dering, redet, syekh,dan saur yang kelimanya mempunyai dinamia yang sangat indah. Padaumumnya tarian saman di lakukan oleh penari yang berjumlah ganjil. tetapi ada pendapat lain bahwa tari saman di lakukan oleh 10 orang dengan formasi 2 menjadi pemberi aba –aba dan juga bernyanyi sedangkan 8 oramg menari. Taria ini begitu unik karena hanya menyajikan tepuk tangan.
Tari Saman, Dari Indonesia Yang Mendunia
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.