Saturday, September 2, 2017

Mitos Danau Air Tawar Di Aceh Yang Mempesona

sumber google image

Hallo yay, pada kesempatan kali ini mimin pramuwisata akan membahas tentang legenda terbentuknya danau air tawar yang ada di ujung Indonesia, yap.. danau air tawar yang ada di Aceh. untuk lebuh jelasnnya tentang mitos terbentuknya danau air tawar ini simak penjelasan berikut ini.

Indonesia ,tak pernah lepas  dengan yang namanya cerita legenda, salah satunya ada di aceh , Aceh salah satu provinsidi indonesia yang masih memegang teguh budaya islam. Terdapat sebuah legenda di Aceh, salah satunya tentang danau air tawarnya .

 pada jaman dahulu dikisahkan tentang adanya sebuah kerajaan di Aceh, kerajaan tersebut mempunyai seorang putri bernama Pukes.
putri Pukes mencintai seorang pria dari kerajaan lain tapi hubungan mereka tdk disetujui oleh orang tua putri Pukes. Tapi sang putri tetap teguh dengan keinginanya, dan menikahlah dia.

Saat putri Pukes bakal berangkat menuju kerajaan suaminya,saat putri hendak berangkat baginda raja berpesan. "Apabila kau telah berangkat meninggalkan kerajaan ini janganlah sekalipun engkau palingkan wajahmu ke belakang "

Sang putri pun dilema di pilihkan antara dua pilihan orang tua atau calon suaminya. Karana kecemuk rasa dilema didadany , sang putri yang saat itu melakukan perjalanan tidak sadar bahwa dia telah melanggar pantangan dari orang tuanya , tanpa sadar dia memalingkan wajah dan menengok kebelakang, bersamaan dengan itu datanglah petir yang diiringi oleh hujan lebat.

Para pengawal mengusulkan terhadap putri untuk berteduh di suatu  gua letaknya tak jauh dari tempat mereka.setelah berteduh mereka berniat melanjutkan perjalanan,sebelum melanjutkan perjalanan para pengawal memanggil putri yang sadari tadi berdiri di pojokan goa, tapi tak di sangka tubuh putri yang mereka kawal tiba-tiba mengeras bag sebuah batu.

kini patung sang putri telah membesar pada tahap bawahnya, tapi masih jelas bentuk sanggul dan perawakan sang putri. Tahap bawah badannya yg besar katanya didampakkan air matanya yg hingga sekarang terkadang masih terjatuh. Menurut cerita rakyat sekitar apabila ada seseorang yang berkunjung kegoa , dan tau tentang kisah sang putri lalu mereka merasa kecewa niscaya ikut menangislah patung sang putri

dan dampak dari hujan lebat tersebut terbentuklah sebuah danau , yang kini di kenal sebagai danau Laut tawar yang begitu indah dan mempesona.

itulah kisah asal mula terbentuknya danau laut tawar yang ada di Aceh, sekian semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan kita.




Mitos Danau Air Tawar Di Aceh Yang Mempesona
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.